8 Tradisi Perayaan Tahun Baru Unik yang Harus Anda Coba

firework-new-year-s-eve-december-31-fireworks

“Libur telah tiba, libur telah tiba, hatiku gembira, hore…hore…hore…” lirik lagu Libur Telah Tiba yang dinyanyikan Tasya tersebut mungkin sudah sering berputar berulang di pikiran Anda kala melihat kalender. Ya, libur pergantian tahun akan segera tiba. Hingga Anda begitu bersemangat merencanakan liburan Tahun Baru di negara lain. Nah, sebelum Anda mengatur segala persiapan liburan, ada baiknya memilih negara tujuan yang memiliki perayaan Tahun Baru nan meriah dan unik. Misalnya saja 8 negara di bawah ini:

 

1. Kota New York, New York

Sumber: Anthony Quintano
Sumber: Anthony Quintano

Perayaan Tahun Baru di Kota New York biasanya disiarkan di televisi. Sebab setiap tahunnya, lebih dari sejuta orang bakal menyemuti Times Square. Di sana, masyarakat dari berbagai negara akan menghitung mundur detik-detik pergantian tahun sambil melihat sebuah bola kristal besar yang diturunkan di Times Square dan menjatuhkan lebih dari sejuta ton confetti ke arah pengunjung.

Bila ingin bergabung dengan kerumunan orang di Times Square, sebaiknya Anda menggunakan angkutan umum, seperti kereta bawah tanah dan turun sebelum halte Times Square / 42nd Street, kemudian lanjut dengan berjalan kaki. Karena sejak siang, jalanan menuju Times Square akan ditutup untuk beragam kendaraan.

Selain itu, gunakanlah alas kaki yang nyaman dan tertutup rapat. Ini penting untuk melindungi kaki Anda dari injakan pengunjung lain. Juga agar Anda tidak merasa pegal karena berdiri selama berjam-jam. Jangan lupa pula menggunakan pakaian hangat, sehingga Anda tidak menggigil kedinginan.

Yang tak kalah penting, sebaiknya Anda tidak membawa, apapun bentuknya. Karena polisi dan petugas keamanan tidak akan mengizinkan tas tersebut masuk ke kerumunan orang di Times Square. Dan supaya Anda tidak tersiksa hingga tengah malam, jangan lupa makan dan menyelesaikan urusan di kamar mandi. Sebab di sana tidak ada kamar mandi, dan Anda akan kesulitan mencari makanan.

 

2. Ekuador

Di Ekuador, pada malam menjelang pergantian tahun, warga setempat membakar boneka yang mirip orang-orangan sawah. Boneka tersebut terbuat dari kumpulan kertas koran dan potongan kayu. Pembakaran tersebut merupakan simbol membersihkan diri dari anasir negatif pada tahun sebelumnya.

Pembakaran dilakukan tepat tengah malam, hampir di tiap-tiap rumah penduduk. Tradisi ini dipercaya dapat mengusir semua hal buruk selama setahun yang lewat. Pembakaran boneka atau orang-orangan sawah juga dipercaya mengusir nasib sial, sehingga tahun yang baru bisa membawa keberuntungan dan kebahagiaan.

Sebagian warga bahkan melompati api 12 kali sebagai tanda membuang sial dalam 12 bulan. Tradisi ini sendiri berkembang sejak 1895 ketika demam penyakit kuning mewabah. Saat itu, jasad korban tewas dibakar agar penyakit tidak menyebar.

 

3. Denmark

Di Denmark, para tetangga dan kerabat akan memecahkan piring atau perkakas pecah belah lainnya di depan rumah Anda. Mereka percaya bila hal itu bisa menangkal roh jahat pada Tahun Baru. Semakin banyak tumpukan pecahan beling di depanrumah, itu menandakan jika Anda sungguh populer. Sebab banyak kenalan yang memecahkan piring untuk keselamatan Anda.

Nah, kalau Anda ingin bergabung dengan tradisi ini, coba hapalkan kalimat, “Jump into the new year yang diucapkan sambil memecahkan piring tersebut. Dengan begitu, Anda telah resmi menyambut Tahun Baru.

 

4. Madrid, Spanyol

Di Spanyol ada sebuah tradisi unik yang harus dilakukan para warganya kala pergantian tahun. Tradisi itu bernama Las doce uvas de la suerteatau dalam bahasa Inggris “Twelve Grapes of Lucks”. Dalam tradisi itu, warga Spanyol akan memakan 12 buah anggur. Walaupun terdengar mudah, ternyata ada aturan memakan anggur itu.

Setiap satu buah anggur harus dikunyah dan ditelan dalam waktu singkat, mengikuti dentang lonceng jam Puerta del Soldi Madrid kala menjelang tengah malam. Tentu hal ini tidak mudah, mengingat dentangan lonceng berbunyi setiap satu detik dan saat lonceng berhenti berdentang anggur yang ada di mulut mereka harus sudah habis ditelan. Jika berhasil, 12 anggur yang dimakan melambangkan 12 bulan yang penuh berkat.

Tradisi ini sendiri sudah ada sejak Desember 1909. Kala itu, beberapa petani anggur dari area Alicante datang dengan ide “The 12 Grapes” untuk menjual anggur dari panen yang berlimpah. Sejak saat itu, warga Spanyol menjaga tradisi tersebut untuk merayakan tahun baru. Sehingga setiap 31 Desember, mereka menunggu sampai jam 12 malam dengan 12 anggur di tangan.

 

5. Rusia

Malam Tahun Baru merupakan momentum yang sangat dinantikan warga Rusia. Sebab, ketika diperintah rezim komunis, perayaan hari keagamaan seperti Natal dilarang. Karena itu, Tahun Baru dianggap sebagai pengganti perayaan hari besar keagamaan. Hingga kini, kemeriahan perayaan tersebut tetap terjaga.

Satu di antara tradisi unik perayaan tahun baru di Rusia adalah menulis keinginan untuk tahun akan datang pada selembar kertas. Kertas kemudian dibakar, abu kertas lalu dituang di dalam segelas sampanye. Sebelum terompet tahun baru ditiup orang tersebut harus meminumnya agar keinginan mereka menjadi kenyataan.

 

6. Tokyo, Jepang

Merayakan Tahun Baru di Tokyo, Jepang, adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk menyantap mi soba, atau yang lebih dikenal dengan sebutan toshikoshi soba. Tradisi menyantap ini sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu, tanpa diketahui asal-usulnya. Namun penduduk Jepang meyakini bila bentuk mi yang panjang itu berarti usia yang panjang dan warna kuning mi artinya kekayaan. Karena tulah di malam Tahun Baru, deretan restoran mi selalu dipenuhi pengunjung.

Sumber: Tokyo Fashion
Sumber: Tokyo Fashion

Selain menyantap toshikoshi soba, Tahun Baru bakal menjadi momen spesial untuk Anda ketika liburan di Jepang. Karena Anda bisa berkunjung ke Istana Kerajaan yang hanya dibuka pada 2 Januari. Untuk Anda yang doyan shopping, Tahun Baru bisa dikatakan sebagai surga belanja. Sebab di momen ini, sebagian besar pertokoan menggelar fukubukuro alias sale atau diskonan. Uniknya, barang-barang yang didiskon sudah terkemas rapi dalam tas atau kantung plastik yang tertutup rapat, sehingga Anda baru mengetahui barang yang terbeli saat sudah sampai di rumah.

 

7. Peru

Tradisi paling menarik di Peru kala malam Tahun Baru adalah meramal nasib di tahun depan memakai kentang. Berdasarkan tradisi, tiga kentang diletakkan di bawah kursi atau sofa. Satu kentang dikupas, satu dikupas setengah, dan satunya lagi tidak dikupas.

Pada tengah malam, satu kentang dipilih acak untuk meramalkan keadaan keuangan tahun depan. Orang yang mendapat kentang yang sudah dikupas menandakan tidak ada uang. Jika dapat kentang dikupas setengah, artinya keuangan masih sama seperti tahun lalu. Sementara kentang yang tidak dikupas menandakan rezeki keuangan yang besar di tahun depan.

 

8. Cile

http://darkhumour.net/10-weird-new-year-customs-all-over-the-world/
Sumber: darkhumour.net

Di sebagian komunitas warga Cile, termasuk warga Kota Talca, mereka merayakan tahun baru bersama anggota keluarga yang telah wafat. Mereka pun merayakan Tahun Baru di kuburan keluarga, di antaranya ayah. Pemerintah Cile membuka areal pemakaman setelah lewat tengah malam. Ribuan orang duduk di dekat di pemakaman diterangi oleh sinar lilin sementara musik klasik terus mengalun.

 

Itulah beberapa tradisi unik di banyak negara untuk merayakan tahun yang baru. Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah ingin menyambut hari baru di bawah Times Square atau berdiam di antara temaram lilin dan batu nisan?




« | »
Read previous post:
gift-553149_1920
5 Ide Kado DIY Keren untuk Ibu Tersayang

Merayakan hari ibu rasanya kurang pas jika hanya memberikan bunga atau ucapan bagi sosok paling berharga di hidup kita, yaitu...

Close