6 Cara Seru Ajak Anak Mencintai Negerinya

lomba-balap-karung

Tak kenal maka tak sayang. Begitu pepatah lama mengatakan. Indonesia adalah negeri dengan alam yang memesona, juga memiliki beragam suku dan budaya yang berbeda. Sayangnya karena tidak dikenalkan sejak dini, kebanggaan ini belum anak-anak miliki. Padahal mulai dari hal kecil, perlahan rasa cinta tanah air akan tumbuh di hati anak. Jadi, kenalkan anak pada kebudayaan dan kearifan Indonesia agar dia makin mencintai negerinya.

Berikut ini beberapa cara seru yang bisa Anda terapkan untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap Indonesia kepada anak.

1. Ajari lagu daerah

Anak kecil mana yang tidak suka berdendang? Anda sebagai orang tua pastinya ikut senang jika buah hati pintar menyanyi sejak kecil. Alangkah baiknya lagu-lagu daerah juga diajarkan ke anak. Bila dilakukan setiap hari, pastinya anak akan hafal. Sambil mendendangkan lagu, ceritakan pada anak kebudayaan daerah atau arti dari lagu tersebut.

Lagu anak daerah Indonesia memiliki irama menyenangkan yang cocok dinyanyikan dan diajarkan kepada anak-anak sambil menemani mereka beraktivitas. Misalnya lagu Cublak Cublak Suweng yang berasal dari Jawa Tengah, Ampar-Ampar Pisang, atau Gundul-Gundul Pacul atau lagu anak lain yang biasa dijadikan pengantar permainan. Tentunya sambil berjoget atau tepuk tangan agar lebih meriah.

2. Wisata edukasi ke museum

Piknik bersama keluarga ke museum di akhir pekan tentunya menyenangkan. Selain rekreasi, kegiatan ini bisa menambah wawasan anak. Pilih satu hingga dua museum per bulan untuk dikunjungi. Misalkan Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua Jakarta.

Ajak anak keliling museum sambil menerangkan sejarah Jakarta dengan gaya bercerita yang menyenangkan. Pamflet sejarah museum yang bisa diambil di loket tiket bisa menjadi bekal Anda bercerita kepada anak.

Agar kunjungan ke museum lebih seru, Anda bisa bergabung di komunitas pecinta museum yang kerap mengadakan program piknik bersama anak. Seperti komunitas Akhir Pekan di Museum melalui akun Instagramnya @museum_weekend. Komunitas ini mengedukasi anak tentang koleksi Museum Nasional di Jakarta dengan cara bercerita. Sebuah pentas dongeng teater berjudul “Kemana Angin Bertiup, Ke Sana Meriam Ditunjuk” mengisahkan tentang sejarah peperangan di Aceh. Anda sekeluarga bisa menyaksikannya tanpa dipungut biaya, kecuali tiket masuk museum.

3. Perkenalkan permainan dan pertunjukan tradisional

Alih-alih hanya bermain dengan gadget setiap hari, Anda bisa mengenalkan permainan tradisional ke anak. Mayoritas permainan tradisional pun cenderung lebih aman dan ramah lingkungan. Misalkan saja wayang, perahu kertas, hingga gasing. Bisa dibayangkan serunya bermain permainan tradisional ini bersama anak sambil Anda bernostalgia.

Secara perlahan ada banyak pesan moral yang bisa diajarkan ke anak melalui permainan tradisional. Kemandirian, cinta lingkungan, melatih imajinasi, hingga kerjasama. Anda bisa membuat sendiri permainan ini dari kayu atau kertas. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mengajak si kecil ke Komunitas Hong di Bandung atau Kampung Dolanan di Yogyakarta.

Komunitas-Hong-di-Bandung (1)

Komunitas Hong yang juga dikenal dengan Kajian Mainan Rakyat, beralamat di Jl. Bukit Pakar Utara 35 Dago, Bandung. Di sini anak-anak dapat belajar cara membuat aneka mainan tradisional, seperti boy-boyang, bebentengan, atau enggrang. Sementara Kampung Dolanan yang berlokasi di Dusun Pandes, Prangtritis, Bantul, Yogyakarta, merupakan pusat pengrajin permainan tradisional Jawa. Pengrajin mainan ini adalah para lansia yang setiap harinya membuat wayang kertas, kitiran, othok-othok, manukan, geprekan, hingga gamelan.

Selain permainan tradisional, Anda juga bisa mengajak anak untuk menonton pertunjukkan tradisional sebagai kegiatan liburan keluarga. Seperti nonton tari Kecak di Uluwatu Bali, menikmati orkestra angklung di Saung Angklung Mang Udjo di Bandung, atau menyaksikan sendratari Ramayana di Candi Prambanan di Yogyakarta. Pastikan Anda menghadiahi anak dengan suvenir berupa wayang atau angklung mini agar membekas di memori anak.

4. Membacakan buku cerita bernuansa Indonesia

Bacakan buku cerita tentang Pahlawan kepada anak sebagai dongeng menjelang tidur. Selain membudayakan membaca, kegiatan ini secara perlahan menumbuhkan jiwa patriotisme pada anak. Jika dilakukan secara rutin, anak menjadi penasaran dan mulai banyak bertanya untuk mengetahui lebih detail.

Cerita-Rakyat-Indonesia-Lutung-Kasarung (1)

Buku dongeng tradisional Indonesia juga menarik, lho. Kalau kita biasa menceritakan dongeng Little Red Riding Hood dan Cinderella, Indonesia mengenal kisah Timun Mas atau Cindelaras yang klasik. Cerita ini tidak pernah membosankan. Apalagi kini juga banyak buku cerita anak dengan desain baru yang lebih menarik. Atau, untuk yang lebih praktis Anda bisa mengunduh aplikasi Cerita Anak Nusantara yang sudah tersedia di Play Store dan Apps Store.

5. Mengenalkan alam Indonesia

Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Amat disayangkan bila anak tidak mengenali kekayaan ini sejak dini. Sebelum menjelajah ke luar negeri, akan lebih bijak jika Anda mengenalkan alam Indonesia dengan agenda liburan sekeluarga ke destinasi kebanggaan Indonesia. Pilih destinasi yang sesuai dengan usia anak, ya. Misalkan berlibur ke Gunung Bromo untuk mengenalkan gunung berapi ke anak, tamasya ke Taman Nasional Ujung Kulon atau Kepulauan Seribu untuk memperkenalkan keindahan alam laut, atau menikmati keindahan Danau Toba di Sumatera Utara.

Baca juga: Jelajah Ternate, Surga Pantai Indah di Tanah Leluhur Para Pejuang

Kegiatan ini akan semakin seru dengan mengabadikannya di kamera. Anda pun bisa menyiapkan alat gambar untuk memfasilitasi anak mengekspresikan kenangannya selama berlibur.

6. Merayakan hari besar Nasional

Hari besar nasional seperti hari Kemerdekaan Indonesia, hari Kartini, maupun hari Kebangkitan Pancasila adalah momen yang tepat untuk mengajarkan cinta Indonesia kepada anak. Ada banyak cara menyenangkan untuk mengajarkannya.

Misalkan merayakan hari Kemerdekaan Indonesia dengan menghias dan memasang bendera merah-putih di rumah bersama anak. Kemudian dilanjutkan dengan menonton film dokumenter tentang proses kemerdekaan Indonesia. Anda pun bisa mengikutsertakan anak dalam perlombaan di lingkungan sekitar, seperti lomba balap karung. Tampak sederhana namun akan meninggalkan kesan tersendiri di hati anak.

Jauh dari kata membosankan bukan cara menumbuhkan kebanggaan akan Indonesia di hati anak? Cara-cara ini pun membuat Anda dan anak sering memiliki waktu berharga bersama. Sekarang, Anda bisa menjadwalkan kegiatan-kegiatan seru tadi di kalender pribadi. Selamat bersenang-senang bersama anak.




« | »
Read previous post:
tax amnesty
Tax Amnesty, Keuntungan Pajak bagi Pelaku Usaha

Tax amnesty atau pengampunan pajak yang resmi berlaku di Indonesia setelah disahkannya Undang-Undang No.11 Tahun 2016 oleh pemerintah, menumbuhkan gairah...

Close