5 Restoran Padang yang Lezatnya Bisa Bikin Anda Lupa Diri

restoran padang

Ada begitu banyak alasan yang membuat masakan Padang jadi salah satu yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang kompleks dan kaya, adalah salah satu hal yang membuatnya sulit dilupakan. Kelezatan makanan Padang sudah tersohor hingga ke bagian dunia lain. Rendang, salah satu menu masakan Padang bahkan masuk ke dalam salah satu daftar “50 Best Food in the World” versi CNN.

Baca juga: Kenapa Harus Ada Rendang di Antara Kita Ketika Lebaran?

Ada banyak alasan yang membuat Rumah Makan Padang. Selain menyajikan hidangan Padang yang lezat, cara penyajian yang unik dan keragaman menu yang dihidangkan, selalu berhasil memuaskan selera Anda. Tidak sedang ingin makan rendang, selalu ada ayam bakar yang pas disantap di segala suasana. Sajian pun bisa langsung hadir begitu Anda duduk di bangku restoran, layaknya asuransi Astra Life yang siap saji untuk semua orang.

Nah, buat Anda penggemar makanan Padang, baca sampai selesai ya. Kami akan memberi bocoran restoran Padang terlezat yang harus Anda coba. Mulai dari…

1. Restoran Garuda

restoran padang

Dengan logo berwarna kuning-merah yang mudah dikenali, tidak lengkap rasanya bicara makanan Padang tanpa menyebut restoran ini. Sudah memiliki setidaknya 5 cabang di Jakarta, restoran ini juga membuka tiga cabang di Singapura. Salah satu yang menjadi ciri khas restoran ini dibanding yang lain adalah penggunaan bahan dan bumbu kualitas premium. Ini juga salah satu yang menyebabkan menu di sini dibanderol dengan rasa yang cukup mahal.

Restoran asal Medan ini sudah berdiri sejak 1976 dan sudah mengantungi banyak penghargaan. Salah satunya pernah didapuk sebagai restoran terbaik Asia peringkat 79 yang dilansir oleh The Daily Meal pada 2011. Salah satu menu andalan yang perlu banget Anda coba adalah ayam pop. Selain tekstur dagingnya yang empuk, bumbunya bisa Anda cecap sampai ke bagian tulangnya. Hmm…

Harga menu berkisar antara Rp9000 sampai Rp70.000 rupiah.

Alamat: Jl. H. Agus Salim, No. 59, Menteng, Jakarta. Telp. (021) 31424666.

2. RM Pagi Sore

restoran padang

Meski identik sebagai restoran Padang, Pagi Sore sejatinya tidak otentik mengusung makanan dari Sumatera Barat. Jaringan rumah makan asal Palembang ini memang sudah kadung terkenal dengan menu andalannya yaitu rendang, sehingga lebih dikenal sebagai restoran padang.

Tak hanya rendang, restoran yang sudah punya empat gerai di Jakarta ini juga memiliki beberapa varian menu yang menjadi favorit pengunjung. Beberapa di antaranya adalah ayam pop, udang kupas, ayam gulai dan es kopyor.

Nah, bicara soal rendang di rumah makan ini, jangan harap merasakan citarasa yang sama ketika Anda mencicip rendang di restoran padang lain. Rasa daging rendangnya sedikit gurih dengan citarasa manis yang tipis. Warnanya pun tidak semerah rendang di restoran Padang pada umumnya. Warna rendangnya yang cokelat tua disebabkan oleh lama memasak yang lebih lama. “Jika rendang restoran biasanya dimasak 6 jam, rendang di sini sampai 8 jam,” ucap Iwan, Supervisor RM Padang Sore yang dikutip oleh Kompas Travel.

Harga menu di sini mulai dari Rp9000 sampai Rp83.000.

Alamat:

  • Jl. Cipete 2 No. 1, Fatmawati, Jakarta. Telp. (021) 7667000.
  • Jl. Cempaka Putih Raya No. A5, Cempaka Putih, Jakarta. Telp. (021) 4266000.
  • Jl. Kalimalang Raya, No. 1A, Kalimalang, Jakarta. Telp. (021) 86907422.
  • Jl. Rawamangun Muka No.1 A, Rawamangun, Jakarta. Telp. (021) 47860000.

3. Rumah Makan Sepakat

restoran padang

Terletak di sebuah bangunan tua berlantai tiga di samping Blok M Square, Jakarta Selatan, RM ini adalah salah satu yang tertua di Jakarta. RM Sepakat buka sejak 1967 di Panglima Polim, tak jauh dari lokasinya berdiri sekarang. RM Sepakat didirikan oleh orangtua Yuniar yang sekarang menjadi penerus bisnis rumah makan ini.

Almarhum ayah Yuniar asli Bukittinggi, sementara ibunya berasal dari Painan, keduanya di Sumatera Barat. Dari kedua orangtuanya inilah resep-resep masakan yang dijajakan berasal. Salah satu menu yang menjadi andalan adalah Gulai Gajebo, alias gulai sandung lamur asam padeh. Salah satu menu lauk otentik Padang ini keberadaannya sudah ‘terancam punah’, terutama di Jakarta. Selain gulai gajebo, jangan lewatkan juga Ikan Bawal Bakar yang disajikan di sini.

Sepiring gulai gajebo, nasi, dan es teh tawar bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan Rp27.500 saja. Jika makan berdua, sediakan budget setidaknya 70 ribu rupiah untuk menikmati berbagai menu andalan di restoran yang juga ada di Mayestik, Jakarta Selatan ini.

Alamat: Jl. Melawai IV, RT.3/RW.1, Melawai, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Jakarta. Telp (021) 7394879

Baca juga: 6 Pahlawan Kuliner Indonesia yang Sukses Populerkan Masakan Nusantara di Dunia

4. Suntiang

restoran padang

Berbeda dengan restoran Padang lain yang relatif tradisional, Suntiang menghadirkan napas baru untuk masakan Padang. Jadi jangan harap Anda menemukan menu-menu khas seperti rendang, gulai tunjang, ayam bakar, atau ayam pop. Kalau pun ada, menu tersebut hadir dalam bentuk yang berbeda, misalnya Rendang Roll Sushi.

Ya, restoran ini memang meleburkan dua citarasa kuliner yakni Jepang dan Padang. Selain rendang roll, temukan perpaduan citarasa yang unik dalam menu-menu lainnya, seperti Rendang Cheese Roll, Gyoza Duo Raso (dumpling dengan isian rendang dan ayam balado), hingga edamame balado yaitu makanan pembuka berupa kacang kedelai Jepang dengan bumbu balado di atasnya.

Berbagai menu di sini bisa dicoba dengan harga mulai dari Rp19.000 sampai Rp89.000.

Alamat:

  • Grand Indonesia West Mall, Lantai 3A, Jl. MH Thamrin Kav 28-30, No. 1, Jakarta Pusat
  • Mall Pondok indah 2 Jl. Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan
  • Setiabudi One Ground Floor, Jakarta Selatan

5. Rumah Makan Simay

restoran padang

Mereka yang bekerja di wilayah Palmerah tentu sudah akrab dengan RM Simay yang letaknya tepat di sebrang Gramedia Palmerah. Berpusat di Pasar Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat, restoran ini memiliki dua cabang di Palmerah dan Slipi. RM ini didirikan oleh Hj Saridah dan Hj Mayyulis yang memulai usahanya dari berjualan nasi padang secara berkeliling.

Menu yang menjadi andalan di restoran ini adalah rendang. Bukan tanpa alasan, rendang olahan RM Simay sudah mengantungi beberapa penghargaan bergengsi. Restoran ini beberapa kali memenangkan kompetisi antar restoran dalam kategori hidangan rendang. Di antaranya di tahun 2011, di acara Festival Makanan Minang yang diselenggarakan UPTD Anjungan Sumbar TMII. Tahun berikutnya ia menggondol gelar “The Best in Migrant Category” mewakili Jakarta dalam acara Rendang Padang Festival, yang diselenggarakan di Sumbar Cultural Park, Padang, Sumatera Barat. Rendang juara ini bisa dinikmati mulai dari harga Rp18.000.

Alamat: Jl. Pal Merah Utara 3 No.61, RT.1/RW.1, Palmerah, Tanah Abang, Jakarta Barat

Yuk, dicoba!




« | »
Read previous post:
thr
THR Sudah di Tangan, Apa yang Harus Diprioritaskan?

Dua minggu sebelum hari raya Idul Fitri, biasanya tunjangan hari raya (THR) sudah ada di tangan. Umumnya, karyawan menerima THR...

Close