Inilah 4 Resep Jitu untuk Mempererat Cinta dari Dapur

Menu_Valentine

Seringnya hangout di kafe bersama pasangan di akhir pekan bisa jadi membosankan. Memasak bersama pasangan di rumah pada akhir pekan bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Banyak manfaat yang bisa Anda petik dari kegiatan memasak bersama pasangan.

Selain menambah kemesraan hubungan, Anda dan pasangan bisa lebih saling mengenal dari jenis makanan yang disukai maupun yang tidak. Anda pun bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan berdua saja. Pastinya, memasak bersama juga bisa melatih kerjasama Anda dan pasangan. Hingga akhirnya tercipta kenangan indah dari berbagai kejadian kocak selama memasak bersama. Tidak dipungkiri cara ini lebih sehat dan murah. Beberapa tips agar kegiatan memasak bersama pasangan berjalan seru:

1. Pilih dan Persiapkan Menu

Siapkan menu favorit Anda dan pasangan, dimulai dari menu pembuka, main course dan dessert. Jika Anda dan pasangan senang dengan tantangan dan kejutan, tidak ada salahnya memilih menu makanan yang belum pernah dicoba. Persiapan ini termasuk mencatat resepnya ya.

2. Bagi Tugas

Latihan kerjasama dimulai dari membagi tugas. Pembagian tugas bisa meliputi belanja bahan-bahan masakan, memotong sayuran dan bumbu, menumis sayuran, memanggang daging, membuat dessert, membuat hiasan di piring saji, menyiapkan meja dan peralatan makan, hingga mencuci peralatan memasak dan makan.

3. Saling Membantu

Permintaan tolong bisa saja dilontarkan pasangan Anda saat memasak bersama, misalnya minta diambilkan bumbu dapur. Anda dan pasangan bisa saling membantu untuk menghasilkan sajian yang sempurna sesuai selera. Saling membantu juga menjadi kunci kekuatan kerjasama Anda dan pasangan saat memasak bersama.

4. Beri Sentuhan Spesial dalam Tampilan Hidangan

Tidak ada salahnya beri sentuhan khusus dalam hidangan yang dibuat. Misalnya membuat bunga mawar dari irisan alpukat untuk salad dan lainnya. Terlihat sederhana namun berkesan bagi pasangan.

Tiba saatnya menyantap hidangan yang telah dibuat. Suasana makan malam akan terasa lebih berkesan karena Anda dan pasangan bisa membahas kejadian-kejadian tidak terduga selama memasak. Mulai dari mata perih saat memotong bawang, terlalu banyak menaburkan garam hingga hidangan terasa keasinan, dan lainnya.

Baca juga: 6 Waktu Berkualitas Bersama Pasangan

Persiapan sudah dibuat semua namun Anda masih bingung menentukan menu? Tidak perlu khawatir, Anda bisa coba berbagai menu yang ditawarkan oleh Koki Claudia Flemings dan Koki Gerry Hayden akhir pekan ini. Misalkan saja:

ROTI PANGGANG dengan TABURAN KENTANG, JAMUR SHITAKE dan MINYAK TRUFFLE

Bahan flatbread:

1 cangkir air hangat (105 to115° F)

1 1/4 sdt ragi

1 sdt gula

1 sdm ditambah 1 sdt susu bubuk

1 3/4 cangkir tepung serbaguna

1/2 sdt garam

Bahan topping:

4 kentang (kira-kira sepanjang jari tengah)

4 ranting kecil thyme segar dan 2 sdt daun thyme segar

1 siuang bawang putih, kupas dan dihancurkan dengan pisau

2 1/2 sdt garam

1 sdm minyak canola

1 sdm mentega tawar

2 cangkir jamur shiitake segar yang dipotong tipis

1/4 cangkir bawang yang dicincang

3/4 sdt merica hitam

2 sdt minyak zaitun

1/4 cangkir minyak white truffle

1/2 cangkir crème fraîche

2 sdt daun bawang yang dicincang

Peralatan yang dibutuhkan: mixer dengan pengaduk yang biasa membuat kue, dan kertas roti

Buat flatbread:

Dalam mangkuk mixer, aduk air, ragi dan gula sekitar 5 detik hingga rata. Tambahkan susu bubuk dan aduk rata lagi.

Dalam mangkuk besar yang terpisah, campur tepung dengan garam. Tambahkan adonan ragi dan aduk dengan mixer berkecepatan rendah sekitar 30-60 detik hingga adonan tercampur rata. Lalu aduk dengan kecepatan sedang hingga adonan menjadi kenyal dan kalis.

Kemudian bentuk adonan menjadi bola dan letakkan di mangkuk yang telah diolesi minyak sayur. Olesi adonan dengan sedikit minyak, lalu tutup mangkuk dengan plastik dan biarkan adonan mengembang selama sekitar 1,5 jam hingga berukuran 1,5 kalinya.

Menggunakan tangan, angkat adonan dari mangkuk dan uleni lagi untuk mengeluarkan udara di dalamnya. Kemudian bentuk kembali adonan menjadi bola dan pindahkan ke pinggan pemanggang yang dialasi kertas roti beroleskan minyak sayur. Kembali tutup adonan dengan plastik dan diamkan selama 30 menit.

Setelah adonan mengembang, tekan adonan dengan jari hingga adonan berbentuk memanjang. Kembali tutup adonan dengan plastik dan diamkan selama 1,5 jam.

Buat topping:

Panaskan oven hingga 190 derajat Celcius. Dalam sebuah panci kecil di atas kompor berapi besar, campur kentang, batang thyme, bawang putih, garam dan air secukupnya hingga menutupi kentang. Didihkan kentang, kemudian kecilkan api dan masak hingga muncul buih hingga kentang lembut sekitar 20 menit. Segera tiriskan kentang, kemudian potong kentang tipis-tipis.

Panaskan minyak sayur dan butter di wajan, masukkan jamur dan tumis selama 1 menit. Kemudian tambahkan bawang dan tumis hingga keemasan dan lembut sekitar 2menit. Tambahkan garam dan merica, kemudian tuang tumisan jamur ke piring yang dilapisi tisu kering.

Atur potongan kentang di atas adonan roti, kemudian olesi dengan minyak zaitun dan taburi dengan daun thyme. Lalu tuang tumisan jamur dan ratakan di atas roti. Olesi lagi dengan minyak white truffle dan taburi garam dan merica.

Panggang roti sekitar 20-22 menit hingga matang. Kocok crème fraiche dalam mangkuk kecil kemudian tambahkan minyak truffle. Keluarkan roti dari oven dan dinginkan selama 5 menit. Olesi roti dengan kocokan crème fraiches. Sajikan selagi hangat.

Menu-menu lain untuk sajian istimewa di rumah bisa Anda lihat di sini atau klik ini. Pengalaman sederhana membawa kenangan indah pun bisa Anda miliki dengan memasak bersama pasangan, kapan saja Anda mau. Selamat memasak!




« | »
Read previous post:
25631991_L
Tips Anti Pusing Saat Buat Laporan Pajak Tahunan (SPT)

Orang bijak taat pajak, slogan tersebut benar adanya. Namun biasanya kita merasa pusing dengan aneka istilah dan tata cara pembayaran...

Close